Jika Ingin Cepat Melupakan Mantan, Baca Doa Ini



Pernikahan itu tidak menjamin melupakan mantan, terkadang meskipun sudah menikah ingatan dan jiwanya masih kuat kepada masa lalunya. Padahal sudah menikah namun entah kenapa belum bisa move on dari masa lalunya. Meskipun mencintai adalah soal hati yang sulit dikendalikan namun harus diingat bahwa saat ini sudah memiliki pasangan.
Sehingga kita harus berusaha untuk melupakan mantan, disamping sudah memiliki pasangan, masih mengingat mantan bisa merusah pernikahan.
Nabi Muhammad pernah bersabda: “Sesungguhnya hati bani Adam yang berada di antara dua jari Dzat Yang Maha-Rahman itu bagaikan satu hati saja. Dia selalu mengubah-ubahnya sesuai dengan kehendak-Nya,” (HR al-Tirmidzi).
Sehingga kita merasa kesulitan untuk mengendalikan hati, sehingga kita harus pasrahkan kepada Dzat yang maha-membolak-balikkannya, yakni Allah subhanahu wata’ala.
Masih soal hati, dalam hadis lain, Rasulullah ﷺ menyatakan, “Hati itu ibarat satu lembar bulu di atas tanah yang kosong. Ia terombang-ambing oleh angin, sehingga mudah terbolak-balik.” (HR. Ahmad).
Sifat hati mudah berubah, denhan doa berikut ini  Rasulullah ﷺ selalu memohon kepada Allah agar senantiasa diberi keteguhan hati di atas agama-Nya.
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ
(Yâ muqallibal qulûb tsabbit qalbî ‘alâ dînika).
Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu” (HR al-Nasai’).
Lalu Nabi Muhammad menyambung doa diatas dengan dari Al-Qur’an:
رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
(Rabbanâ lâ tuzigh qulûbanâ ba‘da idz hadaitanâ wahablanâ min ladunka rahmatan innaka anta-l-wahhâb)
Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia),” (Ali ‘Imran [3]: 8).
Dalam riwayat lain, Rasulullah ﷺ berdoa:
اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا إِلَى طَاعَتِكَ
(Allâhumma, musharrifal qulûb sharrif qulûbanâ ilâ thâ‘atika)
Artinya: “Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu” (HR. Muslim).
Maka dari itu bagi kita yang ingin diteguhkan hatinya oleh Allah SWT akibat godaan rasa cinta kepada orang yang tidak seharusnya dicintai, ada baiknya bacalah doa diatas.
Meskipun Nabi Muhammad tidak mengkhususkan doa ini untuk tujuan melupakan mantan, akan tetapi doa diatas untuk semua hal yang menyangkut hati dan tidak mudah dikendalikan. [assalaf.id]

0 Response to "Jika Ingin Cepat Melupakan Mantan, Baca Doa Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel