HARU Pelukan & Belaian Terakhir Ridwan Kamil pada Jenazah Eril, Lakukan Ini Seperti Saat Baru Lahir Dulu

 HARU Pelukan & Belaian Terakhir Ridwan Kamil pada Jenazah Eril, Lakukan Ini Seperti Saat Baru Lahir Dulu





TRIBUNNEWSMAKER.COM - Ridwan Kamil menjemput jenazah Emmeril Kahn alias Eril di Kota Bern, Swiss, setelah ditemukan pada 8 Juni 2022.

Jenazah Eril dikabarkan akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022 pagi hari dan akan dikebumikan.

Sebelum dibawa ke Indonesia, Ridwan Kamil pun memandikan serta memeluk jenazah Eril.

Ridwan Kamil mempersiapkan jenazah Eril sesuai syariat Islam sebelum diterbangkan ke tanah air.

Informasi awal ditemukan jasad yang diduga Eril dikabarkan Kepolisian Swiss pada jam 06.50 pagi waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB.

Penemuan jenazah Eril itu tepat dua minggu setelah dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022 lalu.

Jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehlade di Bern sekitar 3,2 kilometer dari titik awal berenang yakni di Pintu Air Engehalde, Barengraben oleh kepolisian Swiss.


Ridwan Kamil beri penjelasan logis mengapa jasad Eril utuh
Ridwan Kamil beri penjelasan logis mengapa jasad Eril utuh (Instagram)

Menurut kepolisian Bern, jenazah Eril ditemukan di area cekungan bendungan, pada Rabu (8/6/2022) pagi, waktu setempat.

Muliaman Hadad mengatakan, sesuai prosedur yang berlaku tim forensik kepolisian Bern melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut benar Eril.

Pada Kamis (9/6/2022) siang waktu Swiss, pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin adalah benar Eril.

"Hal ini juga sudah sampai secara resmi oleh polisi Bern melalui media rilis mereka pada 13.45 siang waktu swiss," kata Muliaman Hadad.

Selanjutnya sesuai dengan hukum yang berlaku di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang diperlukan ke pengadilan kantor Bern, sebagai pihak yang berwenang untuk memutuskan serah terima jasad Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga.

KBRI di Bern menyatakan akan turut melakukan pengawalan dalam proses repatriasi jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril hingga tiba di Indonesia.

Perwakilan Keluarga Emmeril Kahn Mumtadz, Elpi Nazmuzzaman menyatakan belum bisa memastikan kapan jenazah akan tiba di Indonesia.

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, membagikan momen dirinya saat melakukan video call bersama Emil yang berada di Swiss, Jumat (10/6/2022).
Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, membagikan momen dirinya saat melakukan video call bersama Emil yang berada di Swiss, Jumat (10/6/2022). (tangkap layar instagram @ataliapr)

Namun KBRI dan keluarga terus berkoordinasi untuk membawa jenazah Eril secepatnya, dan diharapkan jenazah Eril akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu atau Minggu, mendatang.

"Untuk waktu, kami belum bisa memastikan kapan akan tiba di Indonesia, Tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepatnya sejauh yang memungkinkan, tergantung kondisi situasi sumber daya yang mendukung. Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidak-tidaknya Sabtu atau hari Ahad," kata Elpi.

Dubes Muliaman mengatakan, pihak pengadilan setempat telah memberikan kewenangan bagi keluarga yang saat ini berada di Bern, untuk menerima jasad Eril.

"KBRI Bern tentunya memastikan bahwa penghormatan hak-hak Eril sebagai Muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam," ujarnya.

Muliaman mengatakan, selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi Eril ke tanah air.

Setiba di Jakarta nanti, Direktorat Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian agar seluruh proses persiapan kepulangan Ananda Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar," kata Dubes RI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah memerintahkan kementerian luar negeri dan kepada kedutaan besar Indonesia di Swiss untuk membantu pemulangan jenazah Putra Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril.

"Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia," kata Jokowi di Persemaian Rumpin, Kabupaten Bogor, Jumat (10/6/2022).

Presiden mengatakan sudah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil beberapa hari lalu, untuk menyampaikan duka cita atas meninggalnya Eril.

Bersyukur, jenazah Eril akhirnya ditemukan setelah dilakukan pencarian beberapa hari.

"Sudah 2 hari yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan duka cita yang mendalam tapi alhamudillah sudah ditemukan," ujarnya.

Kumandangkan Takbir

Sosok guru yang menemukan jasad Ridwan Kamil
Sosok guru yang menemukan jasad Ridwan Kamil (Instagram Ridwan Kamil)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumandangkan takbir setelah jasad putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan oleh pihak kepolisian Swiss.

Melalui akun instagram @ridwankamil seperti dikutip Tribun network, Ridwan Kamil mengkumandangkan takbir seraya mengucap syukur atas penemuan jenazah Eril.

"Allahu Akbar! Alhamdulillah ya Allah SWT, engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan," tulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil melanjutkan jenazah putranya itu akan kembali ke Indonesia pada Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

"Jenazah Eril Insya Allah kembali ke tanah air hari Minggu dan akan dimakamkan di hari Senin," lanjutnya.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengucapkan ribuan terimakasih kepada KBRI Swiss dan kepolisian atau pemerintah Kota Bern atas penemuan putra tercintanya itu.

"Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril. Semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua," ungkapnya.

Tak lupa, ia juga berdoa atas penemuan jasad Eril setelah dua pekan dinyatakan hilang.

"Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Pengabul doa kami," doanya.

Kang Emil juga mengungkapkan, mengapa jenazah putra sulungnya yang meninggal dunia karena tenggelam di Sungai Aare, Bern, Swiss masih tetap utuh meski sudah 14 hari.

Lewat Instagram Ridwan Kamil, Jumat (10/6/2022), orang nomor satu di Jawa Barat itu mengatakan air Sungai Aare yang dingin dan minim fauna membuat jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tetap terjaga.

Jasad Eril setengah membeku sehingga tetap utuh walaupun berada di air selama 14 hari.

Ridwan Kamil juga memposting foto dirinya memakai pakai baju hitam, yang diketahui berlokasi di depan Rumah Sakit Bern, setelah ia selesai memandikan jenazah Eril.

"Alhamdulillah. Di Rumah Sakit Bern, sesaat setelah memandikan jenazah Eril. Penjelasan ilmiah kenapa jasadnya utuh. Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna membuat jasadnya terjaga setengah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," ujarnya.

Jasad Utuh dan Wangi Eucalyptus

Ridwan Kamil menyampaikan kondisi anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), usai ditemukan, di Bendungan Engehalde, Swiss, pada Rabu (8/6/2022).

Melalui akun Instagramnya, @ridwankamil, Jumat (10/6/2022), Kang Emil mengatakan, bahwa jasad Eril dalam keadaan utuh.

Selain itu, jenazah Eril juga wangi daun eucalyptus.

"Dan MASYA ALLAH, Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," tulis Emil.

Dalam unggahannya itu, Kang Emil juga bersyukur Eril berhasil ditemukan hingga bisa kembali memandikan jenazah putranya itu.

"Alhamdulillah, akhirnya Allah SWT memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," tulisnya.

(tribun network/yuda)

0 Response to "HARU Pelukan & Belaian Terakhir Ridwan Kamil pada Jenazah Eril, Lakukan Ini Seperti Saat Baru Lahir Dulu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel