SALAM Perpisahan Ridwan Kamil Sebelum Pulang, Basah Kuyup Sisir Sungai Cari Eril, Tak Peduli Dingin

 SALAM Perpisahan Ridwan Kamil Sebelum Pulang, Basah Kuyup Sisir Sungai Cari Eril, Tak Peduli Dingin



TRIBUNNEWSMAKER.COM - Pengorbanan Ridwan Kamil demi mencari Emmeril Kahn Mumtadz masih belum membuahkan hasil.

Ridwan Kamil bahkan rela turun langsung berbasah-basahan di Sungai Aare demi mencari sang putra.

Video Gubernur Jawa Barat mencari Emmeril Kahn sendirian berbekal tongkat kayu pun beredar di media sosial.

Video tersebut pertama kali dibagikan oleh akun Twitter bernama @Sobat_RK.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, Ridwan Kamil terlihat menyisir pinggir Sungai Aare dengan menggunakan tongkat untuk pijakan dirinya.

Ia terlihat memakai topi berwarna putih, kemeja berwarna biru dongker, dan celana panjang berwarna krem

Selain itu tertulis pula dalam video ‘Upaya Terakhir Pencarian Ridwan Kamil sebelum pulang ke Indonesia’.


Ridwan Kamil Sisir Sungai Aere Dengan Kayu Seadanya Untuk Cari Emmeril
Ridwan Kamil Sisir Sungai Aere Dengan Kayu Seadanya Untuk Cari Emmeril (instagram/rumpi_gosip)

Kemudian di akhir video, diperlihatkan adanya surat edaran yang berisi seruan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat kepada masyarakat agar melakukan shalat gaib di mushala ataupun masjid.

Lihat videonya di sini

Ditambah, tertulis pula sebuah cuitan dari akun @Sobat_RK sebagai berikut:

“Seorang Ayah, sendirian menyisir sungai mencari anaknya yang tak kunjung pulang. Seorang Ayah, yang sering membawa kabar bahagia itu sedang bersedih, menanti anaknya yang tak kunjung ditemukan. Seorang Ayah itu adalah Kang Ridwan Kamil yang takk menyerah, yang tak putus berdoa dan yang terus berprasangka baik terhadap takdirnya.”

“Doa kami untuk Kang Ridwan Kamil, Ibu Atalia, dan keluarga besar. Semoga dikuatkan, diberikan perlindunganNya, dan selalu mendapat ridhaNya dalam menjalani kehidupan setelah ini.”

“A Eril, kita semua menjadi saksi bagaimana orang tua Aa berupaya maksimal dalam mencari Aa. Doa dari banyak orang untuk kelancaran proses percaria Aa."

“Tidak ada yang meninggalkan A Eril sendirian, belum berhenti upaya yang dilakukan untuk mencari A Erkm apapun kondisinya, di manapun keberadaannya,” tulis @Sobat_RK.

Hingga hari ini, Jumat (3/6/2022), video itu telah ditonton sebanyak 412 ribu kali, di-retweet sebanyak 5.793 kali, dan disukai lebih dari 21 ribu pengguna Twitter.


Emmeril Kahn Mumtadz putra Ridwan Kamil dinyatakan meninggal dunia
Emmeril Kahn Mumtadz putra Ridwan Kamil dinyatakan meninggal dunia (Instagram @rkjabarjuara)

MUI Jawa Barat Serukan Shalat Gaib

MUI Jawa Barat menyerukan shalat gaib terhadap putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz yang hilang terseret arus Sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022) lalu.

Berdasarkan surat edaran yang diterima Tribunnews pada Kamis (2/6/2022), MUI Jawa Barat mengimbau agar shalat gaib dilakukan masyarakat hari ini, Jumat (3/6/2022) di setiap masjid atau mushala.

“Kepada seluruh Pimpinan Majelis Ulamat Indonesia (MUI) Kabupaten/Kota dimohon untuk meneruskan seruan ini kepada jajaran MUI di bawahnya dan kepada seluruh masyarakat muslim yang ada di wilayahnya,” demikian tertulis dalam surat edaran tersebut.

Selain itu, MUI Jawa Barat juga memperoleh informasi dari pihak keluarga bahwa Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia sudah meyakini anaknya tersebut telah meninggal dunia karena tenggelam.

Kemudian, KBRI Bern juga telah menyampaikan perubahan status pencarian Eril dari yang sebelumnya berstatus mencari orang yang hilang (missing person) menjadi mencari orang yang tenggelam (drowned person).

“Hal ini yang mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan sudah meninggal dunia,” jelasnya.

Di sisi lain, pada Rabu (1/6/2022), disebutkan bahwa Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Swiss, Duta Besar Beatrice Schaer menemui Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya Kamil saat pencarian dilakukan.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Duta Besar Schaer menekankan adanya dukungan penuh dari Pemerintah Swiss.

Schaer juga mengungkapkan pencarian terhadap Eril menjadi priortias utama.

"Upaya pencarian Saudara Eril menjadi prioritas utama. Duta Besar Schaer juga memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri Swiss telah berkomunikasi erat dengan pihak Kepolisian Bern dan memantau perkembangan pencarian Saudara Eril," tulis KBRI Bern.

Terkait update pada Rabu (1/6/2022) kemarin dinyatakan bahwa pencarian terus diintensifkan dengan menggunakan metode patroli darat, perahu dan drone.

“Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu, patroli juga tetap dilakukan mulai area Schwellenmaetelli hingga Wohlense,” demikian keterangan KBRI Bern.

Adapun Ridwan Kamil dan Atalia tetap ikut andil dalam pencarian Eril.

Mereka masih memeriksa secara langsung beberapa titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare.

“Rute yang ditempuh oleh orang tua Saudara Eril termasuk rute darat dan sebagian wilayah sungai yang aman dijelajahi manusia,” ungkap KBRI Bern.


Wali Kota Bern, Alec von Graffenried, saat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Senin (30/5/2022) (kiri). Surat yang ditulis Graffenried untuk Ridwan Kamil sebagai bentuk dukungan dan simpati atas hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aare (kanan).
Wali Kota Bern, Alec von Graffenried, saat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada Senin (30/5/2022) (kiri). Surat yang ditulis Graffenried untuk Ridwan Kamil sebagai bentuk dukungan dan simpati atas hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Aare (kanan). (Dok. Kemlu RI/Instagram @ataliapr)

Polri: Interpol Telah Terbitkan Yellow Notice untuk Membantu Pencarian

Selain itu, Interpol juga telah menerbitkan Yellow Notice terkait hilangnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare,Swiss.

Dikutip dari laman Polri, terbitnya Yellow Notice sesuai dengan keinginan Polri dalam upaya membantu pencarian Eril.

“Interpol sudah merilis Yellow Notice Eril,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo pada Kamis (2/6/2022).

Diketahui, Yellow Notice ditujukan kepada anggota Interpol di seluruh dunia.

Sehingga negara yang menjadi anggota Interpol telah menerima informasi kehilangan Eril dan ikut serta dapat memberikan informasi jika menemukan Eril.

Dedi mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan kepolisian di Swiss dan KBRI Bern untuk terus memantau perkembangan pencarian Eril.

Ia juga menegaskan, penerbitan Yeloow Notice diajukan Polri dalam rangka langkah pro aktif untuk ikut membantu pencarian Eril.

“Kita akan berusaha maksimal dalam upaya membantu agar Eril segera ditemukan. Mari kita ikut membantu dan mendoakan,” tutur Dedi.

Sebagai informasi, Yellow Notice adalah permohonan kepada lembaga kepolisian di seluruh dunia.

Yellow Notice biasanya diterbitkan dalam rangka pencarian korban penculikan lantaran tindak kejahatan atau orang hilang yang belum diketahui penyebabnya.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Momen Ridwan Kamil saat Mencari Eril secara Mandiri, Pakai Tongkat Menyisir Pinggiran Sungai Aare


0 Response to "SALAM Perpisahan Ridwan Kamil Sebelum Pulang, Basah Kuyup Sisir Sungai Cari Eril, Tak Peduli Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel